Sunday, May 17, 2015

Kisah Chairul Tanjung sukses dalam berbisnis

Kali ini saya akan membahas bagaimana Bapak Chairul Tanjung bisa sukses dalam berbisnis dan menjadi inspirasi pengusaha-pengusaha indonesia serta merupakan tokoh di bidang ekonomi kebanggaan bangsa Indonesia.

Bapak Chairul Tanjung lahir Jakarta 16 Juni 1962, beliau dikenal sebagai pendiri sekaligus ceo daro CT. Corp yang sebelummya bernama Para Corp. Bapak Chairul Tanjung pada waktu itu lahir darui keluarga yang berada, karena ayahnya seorang wartawan surat kabar pada jaman Orde Lama dan Orde Baru.Ayahnya yang bernama A.G. Tanjung pada jaman Orde Baru terbentuk suka menulis berita yang bersebrangan secara politik dengan penguasa saat itu dan membuat usaha ayahnya harus ditutup. lama kelamaan karena himpitan ekonomi sehingga harus menjual rumahnya dan satu keluarga pindah tinggal di kamar losmen yang sempit.

Cara Membuat Attribute Alt Tag Dan Title Tag Pada Gambar
sumber gambar tempo.co


Orang tua Bapak Chairul Tanjung mendidik anak-anaknya sangat tegas begitupula bapak Chairul Tanjung kecil. Beliau orang tua memiliki prinsip yang ditanamkan kepada anak-anaknya agar keluar dari jeratan kemiskinan.Prinsip keluar dari jeratan kemiskinan dengan langkah pendidikan yang harus ditempuh. Kedua orang tuanya berkomitmen untuk tetap menyekolahkan anak-anaknya, sampai ibunya yang benama Halimah harus bekerja menjual batik halusnya untuk membiayai Bapak Chairul Tanjung saat mau masuk Fakultas kedokteran gigi Universitas Indonesia.

Baca artikel  Mario Teguh Inspirator dan Motivator  bisnis online

 Bapak Chairul Tanjung pekerja keras sesuai dengan didikan orang tua yang pekerja keras saat itu Bapak Cahirul Tanjung menuntaskan pendidikan SMA nya di SMA Budi Utomo pada tahun 1981. Setelah lulus dari SMA Budi Utomo ia meneruskan pendidikan perguruan tingginya di Universitas Indonesia Fakultas kedokteran gigi. Saat kuliah ia termasuk mahasuswa pandai dan masuk menjadi mahasiswa teladan nasional serta mendapat penghargaan dari tahun 1984 s/d 1985.

Karena didikan orang tuanya juga karena tanggung jawab moral saat kuliah insting bisnisd nya mulai tumbuh, ia menjual kaos, buku untuk kuliah stensilan dan juga membuka usaha fotocopy. Dan selanjutnya ia membuka toko peralatan kedokteran dan laboratorium.tetapi usaha tidak berjalan alias belum berhasil.

Setelah lulus dari perguruan tinggi mendirikan usaha bersama beberapa rekannya PT Pariarti Shindutama pada tahun1987 dengan modal awal 150 juta dari Bank Exim. Perusahaan PT. Pariarti pada saat itu bergerak dalam bidang produksi sepatu anak-anak untuk di ekspor, dan pada saat itu ada pesanan 160 pasang sepatu dari Italia namun karena adanya  perbedaan pandangan soal expansi bisnis membuat perusahaan ini harus bubar dan memilih mendirikan perusahaan sendiri.

Perusahan yang didirikan Bapak Chairul Tanjung membidik 3 bisnis yaitu properti, multimedia dan keungan lalu berdirilah Para grup yang terkenal. pada bidang bisnis keuangan  Bapak Chairul Tanjung mengambil alih Bank Karman yang telah berubah menjadi Bank Mega dan terus merangkak naik menjadi bank kelas atas. Dan beliau memiliki perusahaan di bidang financial seperti Asuransi Umum Mega, Para Multifinance, Asuransi Mega Life,Mega Finance,Bank Mega Syariah,Mrga Capital Indonesia.

Untuk bidang penyiaran dan multimedia memiliki Trans 7, Trans Studio, Trans Tv,Trans Fashion, Trans Lifestyle dan Mahagayaperdana.Di bidang properti dan investasi tersebut membawahi Para Bandung Propertindo, dan banyak lagi perusahaan milik Bapak yang tidak dapat saya sebutkan di sini.

Penghargaan Bapak Chairul Tanjung banyak sekali di antaranya :
  • Pada tahun 2010 majalah Forbes menempatkan Bapak Chairul Tanjung oarang terkaya didunia dengan urutan 937 dengan total kekayaan USD 1 Miliar.
  • Pada tahun 2011 masih menurut Forbes kekayaan Bapak Chairul Tanjung bertambah kekayaannya menjadi USD 2.1 Miliar.
  • Pada tahun 2014 masih menurut majalah Forbes kekayaaan bertambah lagi menjadi USD 4 Miliar dan menempati urutan 375.
Begitulah kisah dari Bapak Chairul Tanjung sukses bisnis dan kita mengambil pelajaran bahwa menurut beliau modal itu penting tapi jauh lebih penting adalah kemauan dan kerja keras, dan harus bersabar dalam menjalankan bisnis.

Itulah artikel saya kali ini semoga bermanfaat, terima kasih.

Baca aerikel lainnya :

Bisnis online  itu luas

Bisnis online terbaru tanpa modal

Daftar gratis bisnis online RWP



No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sopan dan baik