Monday, May 25, 2015

Sukses Sukanto Tanoto dalam berbisnis

Anda mungkin pernah dengar siapa  itu Sukanto Tanoto, atau pernah lihat di acara televisi tentang pengusaha sukses Sukanto Tanoto. Ia adalah pengusaha  sukses di Indonesia dengan perusahaanya bernama PT. Raja Garuda Mas dan pada tahun 2006 dinobatkan majalah forbes sebagai orang terkaya di Indonesia.


Cara Membuat Attribute Alt Tag Dan Title Tag Pada Gambar
sumber gambar lintas.me

Sukanto Tanoto lahir di Belawan Sumatera Utara pada tanggal 25 Desember !949 dengan nama Tan Kang Hoo.Sekolahnya pada waktu  SD tahun 1960 di Belawan tapi pada waktu SMP pada tahun1963 di Medan.Tan Kang Hoo gemar sekali membaca, ia serimh ,embaca buku-buku revolusi Ameraka dan perang dunia.

Baca :  Bisnis online Rudi Salim yang sukses

Orang tuanya terutama ibunya mendidik anaknya yaitu Tan Kang Hoo atau Sutanto Tanoto sekarang sangat keras dan tegas karena Ibunya Sukanto tidak ingin anaknya lembek tidak ada keseriusan.Pada waktu itu kejadian Tan Kang Hoo dipukuli Ibunya dengan rotan karena menjawab pertanyaan ibunya waktu pulang bermain di tepi laut mengarang ngarang tapi ibunya tahu kelakuan anaknya salah akhirnya mendarat pukulan rotan di badannya.

Sukanto Tanoto dahulu punya cita-cita ingin jadi dokter. kata Sutanto Tanoto " Kalau dulu saya masuk Fakultas Kedokteran pasti saya jadai dokter" karena terobsesi jadi dokter pada tahun 1973-1974 ia masih suka memakai nama dokter.

Tapi cita-citanya tidak tercapai karena ayahnya Amin Tanoto sakit stroke akhirnya sebagai putra sulung Sutanto Tanoto mengambil alih tanggung jawab keluarga. Ia meneruskan usaha ayahnya menjual minyak , bensin dan peralatan mobil. Pekerjaan yang di wariskan ayahnya itu Sutanto Tanoto tidak merasa asing karean sudah terbiasa pada waktu sekolahsering membantu ayahnya tersebut sambil membaca buku.

Sutanto Tanoto waktu pindah ke medan pun berdagang onderdil  mobil, lalu mengubah usahanya menhdai general contractor dan Supplier. Suatu hari dayang pejabat pertamina adari Aceh tapi Sukanto Tanoto tidak tahu bahwa dia sorang pejabat. Ia ditawari kerjasama pekerjaan kontraktor. Tak ia kesrempatan itu  ia membangun rumah, memasamg pipa,memasang AC dan traktor di pangkalan Brandan Sumatera Utara.Untuk mencari bahan bangunannya ia sampai ke lampung dan Sumbawa pada waktu itu usia Sukanto Tanoto 20 tahun.

Pada waktu itu impor kayu lapis dari Singapura, ia melihat peluang kayu lapis tersebut  dan ia mendirikan perusahaan kayu CV. Karya Pelita pada tahun 1972. Disaat orang lain belum memproduksi kayu ia sudah mendahului memproduksinya dan akhirnya CV. Karya Pelita berubah menjadi PT. Raja Garuda Mas tang memproduksi kayu lapis bermerk polyplek. Direktur utamanya Sutanto Tanoto sendiri,

Kayu lapis polyplek di impor ke negara Eropa, Inggris dan Timur Tengah. Dan Sutanto akan membuka usaha apaun sebelum adanya perusahaan besar di bidang apapun. Ia Sutanto Tanoto membuka perkebunan kelapa sawit besar- besaran. Dan ia juga membuka PT.Inti Indorayon Utama yang memproduksi kertas pulp dan rayon. Oleh karena itu Sutanto Tanoto terkenal dengan raja kertas dan sawit. PT. Inti Indorayon Utama pernah ditutup karena pulp dianggap mencemari danau toba., tetapi itu tidak berlangsung lama.

Di Riau ia membuka huatan tanaman industri dan perusahan PT Riau Pulp.pada tahun 1995.karena krisis baru beroperasi pada tahun 2001, Di sekitar pabriknya Sutanto Tanoto membuat program Community Devolepment untuk masyarakat, lembaga ini tugasnya memberilan pelajaran dalam penggemukan sapi, cara memancing ,pembangunan jalan dan sebagainya.

Pada bidang keuangan atau perbankaan Sutanto Tanoto mengambil alih bank United City Bank dan mwnggantinya dengan nama Unibank. dan ia merambah di dunia properti dengan membangun Uni Plaza , Thamrin Plaza. Di luar negeri ia melebarkan sayapnya membangun perkebunan kelapa sawit National Devolepment Corporation Guthrie di Mindano, Filipina dan Electro Magnetic di Singapura, tetapi semua itu sudah di jual untuk memperbesar PT. Riau Pulp Sejak 1997.  

Sekarang PT. Raya Garuda Mas sudah mengantongi izin Internasional dengan markas di Singapura. Catatab kekayaan Sutanto Tanoto sebesar $2,8 Milyar dengan menduduki peringkat 5 terkaya di Indonesia dan peringkat 418 oarang terkaya di dunia dari majalah Forbes pada tahun 2012. Dan sekarang kekayaannya mencapai $12 Milyar, sekarang ia dan keluarga tinggla di singapura.

Itulah artikel Saya tentang Sukses Sutanto Tanoto dalam berbisnis.Semoga bermanfaat bagi pembaca, silahkan apbila mau berkomentar tetapi saya ingatkan berkomenatarlah yang baik. Terima Kasih.

Baca Artikel lainnya :

Bisnis online Internet Marketing Anne Ahira

Seorang Andrew Darwis dalam bisnis online kaskus

Bisnis online RWP sukses



No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sopan dan baik